PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM EDUKASI DAN PENCATATAN KESEHATAN SISWA DI SEKOLAH TK-SD-SMP
DOI:
https://doi.org/10.33560/ijhims.v2i2.49Keywords:
Teknologi informasi, Aplikasi, Edukasi, Pencatatan, KesehatanAbstract
Di TK-SD Sekolah Islam Ustman Bin Affan (SIUBA) dan SMP PGRI Banyubiru belum ada sosialisasi penggunaan teknologi informasi dalam edukasi dan pencatatan kesehatan siswa. Dirancang aplikasi pencatatan siklus haid bagi siswa SMP sedangkan bagi guru TK-SD disosialisasikan penggunaan whatsauto dalam edukasi kesehatan secara otomatis. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk sosialisasi penggunaan aplikasi pencatatan siklus haid bagi siswa SMP dan sosialisasi penggunaan whatsauto bagi guru TK-SD. Metodologi pelaksanaan kegiatan yaitu tindakan atau action research yang dilakukan pada guru TK-SD SIUBA dan siswa SMP PGRI Banyubiru. Sosialisasi penggunaan aplikasi whatsauto dan sosialisasi aplikasi pencatatan siklus haid dilakukan selama 2x pertemuan. Hasil pengabdian menunjukkan pengetahuan guru TK_SD pada penggunaan aplikasi terjadi peningkatan sebesar 121%. Dari hasil FGD diketahui bahwa siswa SMP mengetahui cara pencatatan siklus haid dan pengkategorian normal haid. Berdasarkan peningkatan skor pengetahuan guru TK-SD serta hasil FGD siswa SMP maka dapat disimpulkan bahwa pengenalan teknologi informasi sangat bermanfaat bagi guru dalam edukasi kesehatan siswa serta bermanfaat bagi siswa dalam pencatatan kesehatan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management Services

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






