PENGEMBANGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PELAYANAN KESEHATAN: INISIATIF LAYANAN SEPENUH HATI DI RSU USADA SIDOARJO

Authors

  • Widi Astuti STIKES Yayasan RS Dr.Soetomo
  • Satria Januarika
  • Diah Sutha STIKES Yayasan Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33560/ijhims.v4i1.95

Keywords:

pemberdayaan, tenaga kesehatan, pelatihan komunikasi, inovasi

Abstract

Kegiatan pengambangan komunikasi efektif dalam pelayanan kesehatan adalah langkah progresif untuk meningktakan kualitas pelayanan kesehatan dan mengukuhkan hubungan yang lebih erat antara tenaga kesehatan dengan masyarakat. Melalui metode pelaksnaan yang terencana dengan inisiatif “Layanan Sepenuh Hati” berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat dan tenaga kesehatan akan pentingnya komunikasi efektif dalam pengelolaan kesehatan pribadi. Pelatihan intensif bagi tenaga kesehatan dan keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan pelayanan kesehatan mencipatakan lingkungan yang responsif dan terhubung secara emosional. Hasil positif mencakup peningkatan keterampilan komunikasi tenaga kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan penerapan teknologi informasi untuk menyediakan informasi kesehatan yang mudah diakses. Pembahasan melibatkan identifikasi tantangan, strategi perbaikan dan peningkatan kesinambungan kegiatan ini. evaluasi berkala dan umpan balik menjadi instrumen penting untuk penyesuaian dan pengembangan lebih lajut. Menyoroti pentingnya kesinambungan, pemberdayaan masyarakat, dan kolaborasi lintas sektor, dalam menjadi keberlanjutan kegiatan ini, inovasi teknologi, penelitian lanjutan, dan keterlibatan pihak stakeholder merupakan elemen kunci bagi pertumbuhan dan adaptasi kegiatan ini. Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya menciptakan perubahan positif dalam pelayanan kesehatan, tetapi juga menetapkan fondasi bagi model pelayanan kesehatan yang adaptif dan berkelanjutan.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Astuti, W., Januarika, S., & Sutha, D. (2024). PENGEMBANGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PELAYANAN KESEHATAN: INISIATIF LAYANAN SEPENUH HATI DI RSU USADA SIDOARJO. Indonesian Journal of Health Information Management Services, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.33560/ijhims.v4i1.95